Inter News

Serie A

Bursa Transfer

Inter Dalam Sejarah

» » » » » 10 Stadion Terbaik di Serie A

FCINTER-CAMPIONE.COM- Stadion Italia sering dianggap memprihatinkan, baik dari segi fasilitas yang mulai usang, minim perawatan akibat kekurangan dana, sementara kursi kosong memberikan citra buruk bagi klub dari audiens internasional. Namun, ada beberapa stadion di Serie A yang masih memiliki daya tarik dan pesona nya baik dari segi perawatan, jumlah penonnton yang hadir, letak stadion, pemandangan di sekitar stadion dan sebagainya yang bisa membuat penonton memiliki pengalaman yang tak terlupakan. Stadion tersebut memang tidak memiliki arsitektur terbaik dalam hal ini, namun inilah 10 Stadion yang suasana paling menyenangkan, dan menarik di Italia.

#10. Stadion Dino Manuzzi - Cesena
Stadion ini dibangun pada tahun 1957 dan menjadi Stadion pertama di Italia yang menggunakan rumput Sintetis dalam pertandingan Serie A bulan September 2000. Saat itu, Cesena manjamu Napoli, namun hasilnya , Cesena dibantai 3-1 di rumput sintetis nya. Stadion ini direnovasi besar-besaran pada tahun 1988 dan kini Stadion milik Cesena ini memiliki atap seluruh tribunnya. Sebelum renovasi, Stadion ini bernama la Florita. Stadion ini dimiliki oleh Pemerintah Kota Cesena. Uniknya, Stadion Dino Manuzzi yang memiliki kapasitas penonnton 23.900 dibangun diatas tanah yang padat dan sedikit terjal. 

#9. Stadion Nereo Rocco - Triestina
Memiliki kapasitas 28.565 penonton, stadion ini merupakan salah satu stadion dengan konstruksi yang relatif modern yang dibuka pada tahun 1992. Trieste dinobatkan sebagai tujuan wisata paling diremehkan di dunia ketika itu. Bagi sebagian penduduk Trieste, Stadion Nereo Rocco tidak lah istimewa, apalagi setelah klub berjuluk Rosso Bianco turun ke Serie D. Bahkaw, pemilik klub pernah mengambil langkah aneh mengisi tribun dengan pendukung yang dibuat dari kertas karton karena sepinya stadion ini. Berbeda dengan sebagian di Italia, Stadion ini sangat dekat jaraknya antara lapangan dengan tribun penonnton. Stadion ini juga memliki ciri khas di bagian atapnya yang berbentuk miring.  Cagliari dan Udinese pernah bermain di stadion ini saat stadion mereka di renovasi. Sedikit aneh, Stadion yang megah namun klub nya bermain di kasta bawah. 

#8. Stadion Ennio Tardini - Parma FC
Dari segi kontruksi, stadion ini sangat bagus. Namun berbeda dari 2 stadion sebelumnya, ennio Tardini tidak sepenuhnya memiliki atap. Padahal, Parma memiliki curah hujan yang tinggi. Sebenarnya, Stadion ini juga akan direnovasi dengan menambah atap di kedua tribun di belakang gawang. Namun, jebloknya prestasi Parma sebagai penyewa Stadion ini membuat stadion ini urung di renovasi. Stadion ini tidak memiliki lintasan Atletik yang membuat penonnton lebih dekat dengan dengan pemain. Ennio Tardini memiliki kapasitas 22.352 penonnton yang selalu penuh ketika Parma belum bangkrut. Ada yang rindu menonnton Inter Milan di Stadion ini keteika berhadapan dengan Parma ? Cepat bangkit dan kembali ke Serie A, Parma !

#7. Stadion San Nicola - Bari
San Nicola, Salah satu stadion dengan kapasitas yang besar di ranah Italia. Dengan kapasitas 58.270 kursi adalah terlalu besar untuk sebuah tim seperti Bari. Italia sendiri membangun Stadion ini untuk persiapan Piala Dunia dan Piala Eropa. San Nicola memiliki lintasan lari yang mencegah fans untuk terlalu dekat dengan lapangan. Bagi Arsitek terkenal dunia, Renzo Piano, Bentuk stadion ini sendiri menyerupai bunga dengan terdiri dari 26 'kelopak' dan tingkatan paling atas yang berbentuk cincin ditinggikan dengan jarak spasi setinggi 8 meter, hal ini cukup untuk menjamin kondisi keamanan bagi para penontonStadion San Nicola pun menjadi saksi bisu saat Italia secara mengejutkan ditahan imbang oleh Republik Irlandia dengan skor 1-1 akibat gol balasan dari Irlandia pada menit ke-87 pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2010. Para pemain timnas Italia pun mendapat cemoohan dari para pendukung saat mereka sudah berada di luar lapangan.

#6. Artemeo Franchi - Fiorentina
Dari segi Kontruksi, Stadion ini tidak lah sempurna. Fiorentina malah sempat membangun stadion baru. Hanya satu dari tribun yang memiiki atap dan para fans yang masih jauh dari lapangan meskipun stadion ini tidak memiliki lintasan lari. Namun, Curva Fiesole menciptakan suasana yang unik ditambah sesuatu yang menyenangkan ketika menonton tim kesayangan nya dengan dikelilingi pemandangan bukit-bukit yang berada di luar Florence. Menariknya, Stadion ini memiliki sejarah kelam karena dibangun di era fasis. Memiliki bentuk huruf 'D' merupakan suatu penghormatan kepada Duce, sementara menara setinggi 75 meter dirancang untuk mewakili simbol semangat olahragawan. Salah satu bagian dari stadion ini pernah runtuh pada tahun 1957 saat pertandingan menghadapi Juventus, dan beruntungnya tidak ada korban jiwa. Keunikan lainnya adalah, ketika stadion ini dilintasi oleh UFO . 27 Oktober 1954, Sebuah laga antara Fiorentina dan rival terdekatnya Pistoiese sedang berlangsung di Stadio Artemio Franchi. UFO melintas diatas stadion yang membuat seisi stadion terdiam.

#5. Renzo Barbera - Palermo

Lebih dikenalsebagai La Favorita, Stadion dengan kapasitas 37.619 penonnton ini direnovasi untuk Persiapan Piala Dunia di Italia tahun 90-an dan merupakan stadion terkecil dari segi kapasitas nya di Piala Dunia 1990 Italia. Stadion ini pertama kali dipakai tahun 1932 dengan nama Stadio LittorioBukan tentang fasilitas sempurna namun tribun yang lebih dengan dengan lapangan memberikan penonnton pertandingan bola yang mengesankan. Salah satu hal yang paling menarik bagi Renzo Barbera adalah pemandangan yang menakjubkan dengan adanya tonjolan batu oleh laut sebagai tanjung paling indah di dunia dan itu tepat berada dibelakang tribun timur Renzo Barbera. Bayangkan saja bagaimana menonnton bola dengan suguhan pemandangan alam yang indah. 

#4. Friuli - Udinese
Stadion Friuli adalah stadion serbaguna yang terletak di Udine, Italia. Sekarang stadion ini merupakan stadion kandang untuk klub sepak bola Udinese Calcio. Stadion ini didirikan pada tahun 1976 dan mampu menampung 41.652 penonton.. Stadion ini menjadi yang kedua di Italia setelah Juventus yang dimiliki oleh klub bukan pemerintah. Stadion ini mengalami renovasi yang selesai pada 2015 dan pertamakali dipakai untuk debut internasionalnya adalah ketika Italia menjamu Spanyol. Lintasan lari telah dihapus dari Stadion ini dan membuat penonnton lebih dekat dengan lapangan.

#3. Stadion Giuseppe Meazza - Inter dan Milan
Stadion yang akan menjadi tuan rumah final Liga Champions 2016 ini bisa dibilang stadion paling ikonik di Italia dengan ciri khas adanya menara di sudut-sudut stadion. Dekatnya jarak antara lapangn dengan penonton menciptakan atmosfer yang luar biasa didalam stadion. Mungkin anda sering melihat koreografi baik Curva Nord Inter maupun Curva Sud Milan. nah itu dia atmodfer yang saya sebut luar biasa. Satu-satunya masalah adalah bahwa AC Milan dan Inter jarang mengisi 80.018 kursi stadion ini. Nerazzurri memiliki rata-rata kehadiran tertinggi di Serie A musim 2014-15 namun mereka menyisakan 45.297 kursi kosong yang merusak citra stadion besar sepak bola dunia. Hal inilah yang membuat Inter dan Milan ingin membangun stadion baruyang sesuai dengan kehadiran rata-rata penonnton. 

#2. Stadion Luigi Ferraris - Sampdoria dan Genoa
Stadion Luigi Ferraris adalah sebuah stadion serbaguna di Genoa, Italia. Dibuka pada tahun 1911 dan merupakan salah satu stadion pertama dan tertua yang masih digunakan untuk sepak bola dan olahraga lainnya di Italia. Stadion ini juga merupakan kandang bagi dua klub asal Kota Genoa yaitu Genoa C.F.C. dan U.C. Sampdoria. Stadion ini juga dikenal dengan nama Marassi yang berasal dari nama sebuah bangsal. Selain sepak bola, stadion ini juga menyelenggarakan pertandingan rugby tim nasional Italia. Marassi mulai berganti nama sejak direnovasi untuk Piala Dunia 1990 dan sayangnya dianggap sebagai stadion  bergaya Inggris . Mulai dari tribunnya yang dekat dengan penonnton dan diapit oleh 4 menara merah muda di sudut nya. Fans Genoa dan Sampdoria dapat menciptakan suasana dengan atmosfer seru saat kedua fansclub ini berada di Gradinata Nord dan Sud di belakang gawang. Lokasi stadion ini berada diantara antara blok apartemen, sungai, dan perbukitan bisa dilihat dari dari kursi tertentu di stadion ini. 

#1. Stadion Juventus Stadium - Juventus
Stadion Juventus (sebelumnya dikenal dengan nama Juventus Arena) adalah sebuah nama stadion sepak bola di Torino, Piemonte yang menjadi stadion tuan rumah untuk pertandingan klub sepak bola Juventus. Secara teknis ini adalah stadion terbaik di Italia. Ini merupakan satdion pertama yang dimiliki oleh klub, kapasitas yang relatif kecil yaitu hanya 41.000 untuk klub seperti Juve. Namun, 41.000 adalah jumlah rata-rata kehadiran fans Juve ke stadion ketika mereka masih menggunakan Delle Alpi sebagai markas nya. Kecilnya kapasitas juga didorong oleh faktor kenyaman penonnton di stadion. Arsitektur yang fantastis, dan lokasi di pinggir kota membuat lebih mudah dijangkau oleh fans. ya, setidaknya lebih baik ini dari Delle Alpi ...

Itulah 10 Stadion terbaik saat ini di Italia menurut kami. bagaimana menurut anda ? 
silahkan komentari di bawah ini. FORZA INTER, FORZA SERIE A. 
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

About the Author Muhammad Afdhal

Mahasiswa yang juga fans INTER since 2002

Serie A Dalam Sejarah

Video

Preview

Data dan Statistik

Lainnya